Kamis, 03 Maret 2011

di balik film angel and demon's




Ada satu pepatah yang menyebutkan “lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali”, tapi klo terlambat terus. wahh bulanan bisa kena potong neh.. hehehe. kita akan sedikit bercuap-cuap tentang satu Film yang ‘terlambat’ untuk dikomentari (film yg diliris pada tahun 2009), adaptasi dari sebuah novel yang sangat terkenal.. hmmm, tentunya fren2 pasti tahu, dan pasti tebakan fren semua pada KCB, Wuahahaha anda salah bung saya bukan ahli dalam cinta-cinta-an, belum kapabel membahas yang ‘satu’ itu :P .. trus?.. hmmm. pernah mendengar “The Davinci Code” karya Dan Brown. Nah itu dia, cuap-cuap kali ini akan mengomentari film ‘Angels & Demons’.. looo ga nyambung??.. hehe, ga soalnya ‘Angels & Demons’ adalah salah satu novel yg dibikin Dan Brown yang menurut saya perlu kita ‘komentari’ karena ada sesuatu di balik film tersebut, penuh dengan makna ‘pengaburan’ dan ‘konspirasi’.



Film ini diawali dengan cerita ditemukannya zat “anti materi” oleh CERN (nama lembaga penelitian nuklir), kepanikan melanda CERN saat salah satu “anti meteri” di curi yang ternyata pencurian tersebut memakan korban (Leonardo Verta), pembunuhan tersebut meninggalkan “jejak” symbol. jejak symbol itu lah yang menjadi kunci keterlibatan Prof. Robert Langdon (diperankan Tom Hanks), maka tak elak Prof. Robert Langdon pun di mintai bantuan oleh ‘polisi’ Vatikan untuk memecahkan jejak pembunuhan terhadap Leonardo Verta yang ternyata jejak pembunuhan tersebut mempunyai pesan menuju pada pemilihan paus, sebab pada saat itu gereja katolik Roma, Vatikan, sedang dirundung duka karena paus baru saja meninggal.

Namun permasalah bertambah ketika 4 orang kandidat paus (prefiriti) baru saja di culik dan si penculik meninggalkan “jejak” berupa symbol ambigram “Iluminati” yang diketahui pernah bertolak belakang dengan agama Katolik dan di masa lalu dan bersitegang. Penculik juga mengancam untuk membunuh satu-persatu preferiti selang satu jam, dan tepat tengah malam akan meledakkan bom, dimana bom itu sendiri adalah antimateri yang dicuri dari CERN. Padahal, jika antimateri itu sampai meledak, bukan hanya Vatikan yang akan musnah, melainkan sebagian kota Roma juga bisa terkena imbas dari ledakan bom yang mempunyai kekuatan beberapa kali dari bom Atom.


Penerusuran Prof. Robert Langdon dibantu oleh salah satu peneliti dari CERN yang bernama Vittoria Vetra. dari awal pencarian Prof. Robert Langdon sudah menemukan berbagai macam symbol yang mengarah pada satu gerakan bawah tanah yaitu “Iluminati”. Cerita pun berjalan sampai 2 orang preferiti mati karena terlambat diselamatkan walaupun mereka berhasil menemukan tempat pembuhannya, Nah pada preferiti yang ke 3 dengan symbol api Langdon masih mendapatkan sang preferiti masih tergantung hidup-hidup di bawah api ‘panggang-an’. Langdon dan beberapa polisi roma berusaha menyelamatkan sang preferiti namun sang penculik menghabisi semua polisi roma, pada saat itu Langdon masih beruntung bisa lolos karena bersembunyi di gudang bawah tanah gereja.

Setelah kejadian pembakaran preferiti ke 3, Langdon semakin bisa membaca alur gerak sang penculik, Langdon mengumpulkan beberapa referensi dari arsip-arsip kuno rahasia Vatikan dan singkat cerita Langdon berhasil menemukan alur gerak sang penculik yang pada saat itu tinggal beberapa langkah lagi misi ‘suci’ nya terselesaikan.

Langdon berhasil menemukan rencana tempat pembunuhan preferiti terakhir yang ditemani oleh beberapa polisi roma tetapi karena ke ahlian sang penculik beberapa orang polisi itu dapat dibunuh nya dengan mudah dan misi pun hampir terselesaikan, di tengah penyelesaian misi ‘ritual’ terakhir (Air) Langdon berhasil menyelamatkan preferiti ke 4 yang sedang berusaha hidup dengan tubuh di ikat, ditengelamkan di dalam air. dengan dibantu beberapa warga vatikan sang preferiti pun terselamatkan.

Informasi bertambah dari preferiti ke 4 yang menyebutkan tempat sebelumnya dia disekap. Pencarian pun berjalan kembali sampai pada satu gereja yang disebutkan oleh prefeti ke 4. pada saat itu langdon dan Vittoria Vetra ditemani oleh polisi-polisi Roma, tetapi hanya Langdon dan Verta yang bisa menemukan sang penculik. tempat persembunyian sang penculik pun berhasil diketemukan tapi malah yang jadi terdesak adalah Langdon dan Verta, sang penculik pun berbalik mengancam Langdon dan Verta, tetapi sang penculik tahu siapa Langdon dan Verta lalu meninggalkan mereka berdua. tetapi nasib malang bagi sang penculik, tugas ‘suci’ nya itu berbalas kematian setelah mobil yang sudah disiapkan untuk lari ternyata sudah dipasang bom mobil. Lalu mati lah sang algojo preferiti.

Tetapi cerita tidak berhenti disana, ada dua masalah besar lagi yang belum terselesaikan. Yaitu zat “Anti Materi” dan symbol ke 5 yang berhasil di temukan oleh Langdon yang ternyata symbol itu ialah symbol terakhir ritual, ritual yang sama di lakukan pada para preferiti yaitu pembuhunan, kali ini pembunuhan kepada paus (calon paus yg baru), berkat keahlian Langdon memecahkan teka-teki maka rangkaian “fazel” pun tersambungkan, Langdon berhasil menyelematkan camerlango (asisten dekat paus) dari ritual pembuhunan terakhir (symbol ke 5) yang dilakukan oleh kepala polisi Roma sendiri. Nah disini lah letak KONSPIRASI mulai terbaca.

kembali kepada “Anti Materi”. tempat penempatan ‘bom’ “Anti Materi” pun diketemukan, tetapi nasib berkata lain. waktu yang tersisa untuk menjinakan bom “Anti Materi” tidak cukup. maka aksi herois pun di lakukan oleh camerlengo yang tadi nya berhasil terselamatkan. aksi herois itu dilakukan camerlango dengan membawa “Anti Materi” ke angkasa mengunakan helicopter, saat helicopter itu sudah berada pada titik maksimal camerlango pun meloncat menggunakan parasut lalu selamat lah ia. saat meledaknya “Anti Meteri” efek yang tercipta sungguh luar biasa, mampu menghempaskan cahaya terang-benderang dan goncangan yang dasyat. Lalu… Hancur lah “Anti Materi” dan roma pun ‘terselamatkan’.

Eitssss… Belum selesai bro.. hehe, masih ada lagi dan ini inti nya.. KONSPIRASI sebenarnya akan terlihat


Ceritanya Roma terselamatkan dan para kardinal terus bervoting untuk menentukan siapa pengganti paus selanjutnya, karena aksi luar biasa dan niat tulus camerlango menyelamatkan Roma maka para kardinal pun bersepakat untuk mengangkat sang Camerlango yang bernama Tempe sede vacante (klo ga salah :D ) sebagai pengganti paus, Tetapi sebuah rahasia besar terungkap kembali saat Langdon dan Verta masuk ke ruangan khusus kepala polisi roma untuk mengambil dokumen yang dirampas sebelumnya. Langdon dan Verta tak sengaja menemukan sebuah monitor CCTV yang mengawasi ruang pertemuan khusus paus, Nah ruang tersebut ialah ruang dimana kepala polisi Roma berniat membunuh camerlango, yang ternyata ketika diputar kembali rekaman beberapa saat tadi terlihat bahwa otak dibalik ini semua ialah sang CAMERLANGO sendiri yang menginginkan ‘jabatan’ paus, yang dengan pintar nya menjalankan KONSPIRASI sederhana ini.. Lo ko sederhana? ya karena seperti film2 hollywood lainnya “Angels and Demons” menyelipkan banyak adegan standar film action. Termasuk aksi-aksi heroik yang kadang membuat tokoh-tokoh film ini terlihat lebih hebat dari suparman, eh superman.

kembali kepada sang Camerlango sebagai aktor utama Konspirasi ini, akhirnya Langdon dan Verta memberitahukan rahasia konspirasi camerlango ke para kardinal dan ‘polisi’ vatikan. Singkat cerita sang camerlango sadar bahwa konspirasi nya sudah tercium baunya, lalu kisah ini berakhir dengan acara bakar-bakaran diri (maksudnya membakar diri sendiri).. hehe, alias bunuh diri..


Karena otak konspirasi nya sudah ‘tidak berfungsi’, maka kisah ini berakhir dengan terpilihnya salah satu kardinal untuk mengantikan paus dan tidak disebutkan siapa kardinal tersebut. Ya, Sudah n Gitu deh…. hehe

Waduhh.. film nya lumayan rame bro, alur nya sangat cepat. setiap detik kita tidak diberi kesempatan untuk ‘bengong’ kecuali bengong ga ngerti. :D , sebab kisah ceritanya pun sangat singkat yaitu tak lebih dari 24 jam.

Untuk fren2 yang belum nonton dan ingin menonton film ini dengan gratis, bisa menghubungi saya ato datang langsung ke TKP.. OKayyy

salah satu "penampakan" yang tidak di bahas di film

************************************************************************************************

Wiuhhh… ini baru review film, inti masalah belum kita obrolkan tentang makna ‘pengaburan’ dan ‘konspirasi’.

kembali ke film “Angels and Demons” sebelumnya saya pernah mendengar bahwa ada beberapa “pesan” dari film ini

1. Mengisahkan sepak terjang Iluminati di Roma, Vatikan

2. Mengambarkan Alur Kerja Iluminati

3. Siapa itu Iluminati

Cara pandang “Angels and Demons” terhadap iluminati sebab mau tidak mau industri Film adalah bagian dari konspirasi Iluminati itu sendiri dan memang aga lucu juga, Iluminati ngebahas “Iluminati”.. heheh, yang pasti ada “main-main” (Loo ko jadi kaya iklan AC.. Upss :D ). pasti ga akan berimbang, dan itu yang jadi masalah, PENGABURAN

tetapi sebelum bercuap-cuap tentang film “Angels and Demnos” terlebih kita harus tahu siap ‘otak’ dibalik film ini, yaitu Dan Brown. seperti saya kutip dari Rizky Ridyasmara (salah satu penulis indonesia yang konsen terhadap hal2 yg berbau konspirasi) “Dan apakah Dan Brown seorang anggota organisasi rahasia Yahudi? Ini pun saya tidak bisa menjawabnya, karena memang belum ada literatur terpercaya tentang hal itu. Sampai saat ini saya belum bisa memastikan hal tersebut. Sebenarnya, kita tidak perlu takut dengan novel-novel yang diketengahkan seorang Dan Brown. Menurut saya, novel-novel itu biasa-biasa saja, walau alurnya sangat cepat, sehari saja, dan penuh dengan kejutan di sana-sini. Hal tersebut memperlihatkan betapa Dan Brown didukung oleh tim riset yang tidak main-main. Bahan bacaannya pun pasti banyak. Dan Brown seorang yang sangat serius jika sudah bekerja, sehingga untuk menghasilkan novel paling boomingnya, The Da Vinci Code, dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai guru di New Hampshire dan fokus menulis novel. Dia mengontrak sebuah rumah di dekat rumahnya untuk dijadikan ‘kantor’ dan pergi ke tempat itu setiap pukul 04.00 pagi dan langsung menulis. Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Dan Brown saya persilakan membaca buku “The Man Behind The Da Vinci Code: An Unauthorized Biography of Dan Brown” karya Lisa Rogak (2005) yang sudah diindonesiakan menjadi “Biografi Dan Brown” (Ufuk Press, 2006).”

OK, jadi tak masalah klo kita membaca buku nya Dan Brown asal jangan “menelan” bulat2 apa yang ditulisnya walaupun didalam tulisannya tidak juga bisa di abaikan bahwa novelnya sebagai plot fiksi belaka, karena didasarkan dengan fakta-fakta yang ada. Tetapi yang harus kita waspadai ketika ada “penambahan” atau “pengurangan”, Nah itu mungkin yang saya lihat dalam pengadaptasian Novel ini ke dalam sebuah Film, terlepas perbedaan “dunia” antara Novel dan Film, dalam kasus ini harus kita ‘mengintip’ tujuan dibalik pembuatan film ini. Wong yang bikin Film neh Iluminati-Iluminati juga.. :D

Intinya apa yang ada di “Angels and Demons” tidak sesuai dengan fakta yang ada :

1. Disana di kisahkan bahwa iluminati ialah sebuah organisasi bawah tanah yang telah “hilang” beratus-ratus tahun yang lalu. saat ini pergerakannya tidak masif, cenderung jalan ditempat

Fakta : Iluminati saat ini lebih “gila” dari yang kita ketahui, sebab konspirasi yang saat ini kita ketahui ini hanya sebagian kecil yg telihat jelas. Untuk lebih jelasnya tentang siapa Iluminati anda bisa cari di internet, banyak referensi yang bisa anda dapatkan

1. Skenario yang dilakukan sang “penjahat” dalam film ini dijalankan dengan rapihnya, walaupun akhirnya terbongkar, tapi yang bikin heran ketika sedikit yang terlibat. Ini yang perlu kita ketahui bahwa jaringan iluminati sangat banyak.
2. Pengaburan terlihat di akhir cerita bahwa iluminati adalah sebuah organisasi “karangan” saja yang di skenario kan oleh sang “penjahat”. Jelas ini salah karena Iluminati adalah sebuah organisasi yang benar adanya.

Sebenarnya banyak agenda konspirasi terselubung yang belum terungkap dalam Film ini, tentang paus, katedral di vatikan dan masih ada banyak yang lain, 3 bagian “pengaburan” di atas hanya lah pendapat saya saja yang mungkin

Adapun fakta-fakta mengenai sepak terjang Iluminati, Insya Allah akan kita obrolkan nanti, bareng dengan “Membedah Konspirasi” bagian selanjutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons