Minggu, 06 Maret 2011

Misteri Penghuni Danau Loch Ness



Pernah mendengar monster air bernama Nessie???Monster yang di duga tinggal di danau Loch Ness,Skotlandia,Inggris ini hingga sekarang masih mengundang misteri.Banyak sekali para peneliti yang ingin membuktikan kebenaran dari keberadaan sesungguhnya monster ini.
Banyak orang-orang mengaku pernah melihat,memfoto,bahkan merekam sosok Nessie.Kesaksian inilah yang membuat para peneliti terpancing untuk menyelidiki lebih lanjut kemunculan monster penghuni danau Loch Ness tersebut.
Beberapa Kisah Kemunculan dan Foto Nessie
Kisah tentang Nessie diawali oleh sebuah deskripsi dalam naskah kuno dari abad ke-7. Dalam sebuah catatan tentang rohaniawan Kristen berjudul “Life of St Columba” tulisan Adamnan, ada satu penjelasan mengenai sesosok monster di Danau Loch Ness.
Disebutkan pada tahun 565, rohaniawan St Columba menolong orang-orang Suku Pict (penduduk Skotlandia Kuno) yang tiba-tiba diserang makhluk air raksasa saat berlayar di Danau Loch Ness. Dengan merapal doa dari daratan, St Columba berhasil mengusir monster tersebut.



Seorang petani bernama Hugh Gray,pada tanggal 12 Novenber 1933 menyaksikan makhluk aneh yang sedang bergerkan di danau.Makhluk itu muncul ke permukaan selama beberapa saat.Hugh mengatakan jika makhlk itu berkulit abu-abu dan terlihat licin.Saat itu,ia memegang kamera dan segera mengambil 5 foto.Namun hanya satu foto yang berhasil di proses.Namun pengamat dari British Museum mengatakan bahwa foto itu hanyalah sebuah batang kayu yang hanyut di danau


Pasangan pelaku bisnis,Mr dan Mrs. Goerge Soicer sedang mengendarai mobil ke selatan dari Inverness sepanjang pantai Loch Ness.Saat itu lewat tengah hari tanggal 22 Juli 1933,mereka melihat pohon pakis disekitar bukit bergetar hebat,dan dari balik pohon terlihat binatang besar berleher panjang.Bergerak dengan tertatih tatih menyebrang jalan yang sempit.Merasa terpesona Mr.George menekan pedal gasnya untuk melihat lebih dekat,namun saat mereka tiba,makhluk itu telah masuk menerobos semak-semak di pinggir danau


Sekitar jam 1 pagi,tanggal 5 Januari 1934 seorang mahasiswa kedokteran mengendarai motor dengan cepat sepanjang danau Loch Ness,yang kemudian dia melihat sesosok bayangan besar melompat menyeberangi jalan dan hampir saja tertabrak.Dalam sinar bulan purnama,pemuda ini menceritakan jika seekor makhluk dengan kepala kecil seperti belut dengan mata lonjong,leher panjang,berukuran besar dengan 4 sirip,mempunyai kulit gelap seperti paus yang kemudian bergerak menjauh dan mencebur ke dalam danau.



Monster yang dikatakan penghuni danau Loch Ness ini menampakan diri selama 15 menit di dekat Istana Urquhart.Pertama terlihat oleh penduduk desa yang tinggal 500 yard dari tempat kemunculannya.Penampakan itu juga terlihat oleh 2 buah bis pariwisata dan beberapa mobil yang dipenuhi dengan orang untuk menontonnya."Makhluk itu bergerak perlahan melintasi danau yang tenang,dia(Nessie) memiliki dua punuk di belakang kepala dan leher,yang kemudian menyelam." Jelas seorang wisatawan yang menggunakan teleskop saat penampakan terjadi


Foto pertama yang paling menggemparkan dunia adalah buah karya R Kenneth Wilson pada 1934. Dokter ahli bedah ini memang sangat tertarik dengan legenda Nessie. Fotonya ini menjadi salah satu bukti penting tentang Nessie (di zamannya) yang memperlihatkan sosok makhluk berleher panjang, kepala kecil dan sebagian punuk yang menyembul di permukaan danau. Foto ini dikenal dengan kode “Surgeon’s Photo”.Namun pada tahun 1992,para ilmuan menemukanbahwa foto tersebut adalah palsu.Seorang pemburu bernama Marmaduke Wetherell dan anak angkatnya membuat sebuah model dengan menggunakan periskop kapal selam dan memotretnya.Foto itu diserahkan kepada Dr,Robert Wilson yang kemudian menyerahkannya ke surat kabar daily Mail pada April 1934.



Kemunculan tahun 195114 Juli 1951, seorang pegawai komisi kehutanan bernama Lachlan Stuart berhasil memotret punuk misterius yang muncul ke permukaan. 20 tahun kemudian para ilmuwan yang mengunjungi lokasi monster tersebut menemukan bahwa perairan itu dangkal. Hal ini menyimpulkan bahwa monster Stuart memiliki tubuh yang kurus. Di kemudian hari, Richard Frere seorang pengarang mengatakan bahwa Stuart mengaku merekayasa objek tersebut dengan menggunakan terpal dan jerami.


Pada tahun 1955,seorang managerbank bernama Peter A Macnab mengambil sebuah foto yang menunjukkan guncangan di air dekat Kastil Urquhart.Foto ini dianggap sebagai salah satu foto Nessie paling jelas yang pernah di dapat.Hal ini menyebabkan teori yang mengatakan bahwa nessie kemungkinan tinggal di bawah Kastil Urquhart.Teori ini muncul dikarenakan banyaknya foto Nessie yang diambil menunjukkan ia berada di dekat kastil kuno itu.Potret ini pun disimpan untuk diteliti



Seorang laki laki yang tertarik dengan monster Loch Ness memulai pencariannya di musim semi tahun 1960.Tim Dinsdale dari Reading,Inggris membawa peralatan berkemah juga kamera gambar hidup 16 mm.Tanggal 23 April,hari terakhir pengamatnnya,dia sedang mengamati danau dari ketinggian 300 kaki ketika dia melihat benda tidak bergerak di permukaan air.Perkiraan jarak 1300 yard.Tim Dinsdale kemudian memfokuskan binokulernya pada benda itu,yang kemudian bergerak.Dinsdale kemudian mulai merekam saat benda tersebut bergerak dan melintasi danau dengan gerakan zig zag,yang kemudian menyelam.
Potongan filmnya memang tidak jelas tapi amat menarik,yang memperlihatkan seekor makhluk hidup di danau tersebut.Dinsdale mendapat penghargaan atas hasilnyanya.dia menyampaikan,"...lewat lensa ajaib dari kameraku,aku menjangkau melintasi ribuan yard,dan lebih jauh lagi,menangkap gambar dari Nessie."

Namun banya orang beranggapan bahwa punuk itu sesungguhnya adalah senuah perahu.Namun foto Dinsdale mendapat dukungan dari Discovery Communication.Ketika mereka membuat film dokumenter mengenai Nessie,mereka menggunakan foto Dinsdale dan mereka melihat ada sebuah bayangan hitam di negatif foto yang tidak terlihat di foto.Ketika mereka menelitinya,mereka melihat sesuatu yang terlihat seperti badan bagian depan,sirip dan punuk yang terlihat seperti milik hewan



Setelah hampir 40 tahun laporan terakhir adanya kemunculan Nessie oleh saksi mata yang dapt dipercaya,Loch Ness dikunjungi oleh ekspedisi dengan peralatan lengkap,terdiri dari anggota Academy of Applied Science dengan British Loch Ness Investigation Bureau.Misi utama adalah mencari bukti adanya benda bergerak dengan menggunakan sonar dengan frekuensi tinggi yang di desain oleh martin Klein.
Di akhir bulan Oktober sejumlah benda berhasil ditangkap sonar,ketika itu alat dipasang dekat pelabuhan Teluk Urquhart.Sesuatu yang besar melintasi pelabuhan dan antara interval 10 sampai 15 menit benda yang lebih besar melintas kembali.kontak tadi merupakan bukti ada mahkluk besar yang tinggal di dalam Loch Ness.



Seorang mantan kapten angkatan laut bernama Frank Searle yang tiba di Lochness untuk mencari monster lochness pada tahun 1972 mengaku berhasil mengambil sejumlah foto Nessie, kebanyakan segera tampil di media. Namun, foto-foto yang diambilnya segera dinyatakan sebagai rekayasa. Contohnya foto dibawah ini dianggap sebagai foto batang kayu yang mengapung.



Sebuah ekspedisi dari Academy of Applied Science,dipimpin oleh Dr. Robert H. Rines,tiba di danau dengan membawa peralatan sonar canggih yang dilengkapi dengan kamera dengan sisitem pencahayaan khusus.
Pada malam tanggal 8 Agustus,permukaan danau tidak biasa datar dan tenang,sebuah pemancar sonar diturunkan pelan-pelan dari sebuah perahu den dengan hati -hati dipasang di bagian landai dibawah air dengan gelombang diarahkan ke dalam danau.kamera diletakkan diletakkan sedikit lebih ke bawah,lampu menyala secara periodik,di daerah yang dilewati oleh gelombang sinar.
Pada sekitar jam 1.40 pagi sonar merekam beberapa ekor ikan salmon dan muncul dua buah benda yang setelah dicetak dengan bantuan komputer menghasilkan gambar sirip.




Belasan ekspedisi ilmiah modern sejak tahun 1967 sampai 2000-an sudah dilakukan di sekitar perairan Danau Loch Ness, namun tak satupun yang membuahkan hasil.
Namun sebuah temuan menggemparkan dipublikasikan pada penghujung Mei dan awal Juni tahun ini, yaitu sebuah rekaman gambar monster Loch Ness yang diabadikan Gordon Holmes.
Gordon Holmes (55 tahun), seorang teknisi laboratorium asal Shipley, Yorkshire, Inggris, mungkin satu-satunya turis yang paling beruntung. Saat berlibur di tepian Danau Loch Ness, ia dikejutkan penampakan monster Loch Ness yang legendaris itu. Holmes berhasil merekam gambar video Nessie tersebut pada 26 Mei 2007 dalam durasi belasan menit.
“Saya hampir tak memercayai mata saya saat melihat riapan air dan benda hitam (jet black thing) sepanjang 14 meteran (45 kaki) itu, bergerak cepat di permukaan air,” kata Holmes, seperti yang dikutip dari AP dan BBC dalam sebuah wawancara.
Holmes menjelaskan, makhluk itu bergerak lurus dengan kecepatan 10 km per jam (6 mil per jam).
Mengenai rekaman gambar ini, Adrian Shine, ahli biologi kelautan di pusat penelitian Loch Ness 2000 di Drumnadrochit, tepian danau tersebut, menyatakan akan meneliti hasil rekaman gambar tersebut.
Walau bersikap skeptis, ia sendiri kagum dengan kualitas citra vidoe tersebut. Karena dari beberapa rekaman gambar yang pernah dibuat tentang Nessie, rekaman Holmes adalah yang terbaik dan terjelas, lengkap dengan background pemandangan yang selaras dengan objek monster Nessie yang bergerak. Begitupun, Shine dan sejumlah ilmuwan lain akan melakukan penelitian intensif terhadap gambar tersebut dan mungkin akan melaporkan hasilnya pada Juli 2007.
Sementara sejumlah ahli lain menganggap rekaman itu bisa saja palsu atau rekayasa, namun melihat kualitas gambarnya yang prima, mereka belum bisa memastikannya. Ada yang menganggap rekaman yang juga sudah disiarkan BBC Skotlandia pada 29 Mei 2007 itu mungkin hanya citra belut raksasa.
Bentuknya memang mirip makhluk legendaris Nessie yang sama dengan sejumlah kecil laporan yang benar dari saksi mata terdahulu. Atau bisa saja spesies makhluk air lain yang belum dikenal. Setidaknya rekaman Holmes kembali membangkitkan antusiasme tentang misteri monster penghuni Danau Loch Ness.
Pasca pemutaran film itu, seorang penulis buku asal Inggris, William Hill, pada 4 Juni 2007, menawarkan hadiah 1 juta poundsterling bagi siapa saja yang bisa menyajikan bukti konklusif tentang keberadaan Nessie untuk Natural History Museum di London




Foto ini adalah foto Nessie terbaru.Foto yang diambil oleh sepasang kekasih pada tahun 2009 yang sedang berakhir pekan di Loch Ness.Ian Moncton dan tunangannya Tracey Gordon sedang mengendarai mobil di tepi danau ketika mereka mendengar suara guncangan keras di air.Mereka menghentikan mobilnya dan segera memotret asal guncangan itu dengan kamera.Dan foto inipun tertangkap kamera.obejek di dalam foto tersebut terlihat seperti bagian belakang dari seekor ewan besar.Namun para ahli melihat foto tersebut menyimpulkan bahwa foto ini bisa berarti apa saja karena tidak jelas objek yang tertangkap.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons